AIR TERJUN GROJOGAN SEWU



PESONA ALAM DI KAKI GUNUNG LAWU




Air Terjun Grojogan Sewu

Bagi para penggiat alam bebas tentu tidak asing dengan satu gunung yang berada di tenggara Jawa Tengah ini, Gunung Lawu namanya. Disamping sangat populer bagi para pendaki gunung, dikaki gunung ini juga terdapat tempat wisata alam yang indah yang dikenal dengan Grojokan Sewu.

Grojogan Sewu adalah salah satu air terjun yang berada di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Air terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu, sekitar 27 km sebelah timur Kota Karanganyar.

Grojogan Sewu artinya air terjun seribu, seribu disini berasal dari seribu pecak, yaitu satuan jarak yang digunakan orang zaman dulu. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun tertinggi tingginya sekitar 80 meter. Sedang yang tidak terlalu tinggi curahan airnya meluas dan membentuk cabang-cabang.

Ketika musim hujan, kondisi air yang  melimpah akan membuat sekeliling  tebing  dialiri air terjun, tetapi saat musim panas  airnya akan menyusut dan berkurang. Toh walaupun begitu, Grojogan Sewu  tetaplah cantik dan layak untuk dikunjungi.


grojogan sewu


Pintu masuk menuju air terjun Grojogan Sewu ada dua, pintu bawah dan pintu atas. Jika dari pintu bawah, Setelah dari loket pembayaran tiket, kita harus berjalan kaki sejauh 300 meter, melalui jalan batu yang sudah ditata rapi, kicauan burung serta pemandangan hutan yang sangat hijau dan menyegarkan akan menemani kita melintasi jalanan ini..

Jika masuk dari pintu atas, kita harus menuruni anak tangga yang lumayan banyak sebelum sampai di lokasi air terjun, pemandangan asri hutan dan kera kera jinak siap menyambut kita.

Tidak hanya air terjun, disini kita juga bisa menikmati mini water boom, kolam renang dewasa, out bond, flying fox, mini rafting, dll. O, iya, Jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas Tawangmangu, yaitu sate kelinci yang empuk... hmm..

selamat berwisata.

 

 

Comments

Popular posts from this blog

7 Tempat Wisata Gratis di Yogyakarta

Air Mancur Menari Pertama di Indonesia

HARTA KARUN DI BELUKAR SEMERU