HARTA KARUN DI BELUKAR SEMERU


HARTA KARUN DI BELUKAR SEMERU




rasberry atau arbei


Tak ada yang meragukan keindahan alam di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru jawa timur, semua spot disitu tampak begitu indah memukau siapa saja yang datang mengunjunginya.

Namun tak hanya keindahannya saja yang membuat detak kagum penggiat alam bebas disitu, banyak hal yang jarang kita temui ditempat lain ada di sini, salah satunya adalah tanaman buah raspberry, atau yang biasa disebut buah arbei oleh penduduk lokal.

rasberry


Saya beberapa kali kesana, biasanya untuk melakukan pendakian ke gunung Semeru bersama teman-teman. Di salah satu trek menuju puncak, tepatnya selepas kita selesai menyeberangi savana ungu, Oro-oro Ombo.

Di awal-awal memasuki hutan Cemoro Kandang kita akan dengan mudah menjumpai tanaman ini memamerkan buah-buahnya yang terlihat kontras berwarna merah menyembul kepermukaan belukar.

Dengan warna merah dan hitam sangatlah mencolok diantara warna hijau dedaunan, kita seakan diundang untuk menghampirinya. Rasanya manis untuk yang berwarna hitam, sedang yang merah ada sedikit rasa asamnya.


physalis atau ciplukan


Rasanya manis untuk yang berwarna hitam, sedang yang merah ada sedikit rasa asamnya. Tidak hanya raspberry saja harta karun di kawasan ini, masih berada di satu lokasi yang sama kita bisa menemukan buah ciplukan, buah dari keluarga terong-terongan ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan rasa buah tomat, manis, asam dan segar tentunya karena kadar airnya yang cukup banyak.



Buah Ciplukan

Selain banyak mengandung nutrisi, kadar air yang melimpah bisa jadi alternatif saat persediaan air kita menipis, karena buah ini tidak bisa kita jumpai disembarang tempat bahkan dipasar sekalipun, tidak ada salahnya kita mencoba menikmati suguhan dari alam liar indonesia.

 

Oke.. selamat berburu harta karun sobat blogger..


Comments

Popular posts from this blog

7 Tempat Wisata Gratis di Yogyakarta

Air Mancur Menari Pertama di Indonesia