SEMBUNGAN, DESA TERTINGGI DI JAWA


 

PESONA LAIN DARI DIENG



Gunung Sindoro Sumbing dari puncak Prau

Desa Sembungan masuk dalam kawasan dataran tinggi Dieng yang tenar dengan sebutan negeri kahyangan. Tidak sedikit orang-orang yang memang sengaja datang kesini untuk mengisi waktu-waktu senggang mereka untuk merefresh kembali baik jiwa maupun raga yang lelah setelah sehari-hari berjibaku di dunia kerja, apalagi bagi kita yang hidup di kota-kota besar.

Dieng termasuk high land / dataran tinggi yang ada di Jawa Tengah. Ada banyak potensi-potensi alam yang menjadi daya tarik utama sehingga bisa mengundang siapa saja untuk betah menghabiskan waktu disini. Perpaduan antara udara dingin, sejuk, panorama alam yang indah, penduduk nan ramah,serta budayanya yang masih sangat terjaga.

Salah satu fakta dari Dieng yang belum banyak orang tahu adalah adanya desa tertinggi di pulau Jawa yaitu Sembungan, yang secara administratif desa Sembungan terletak dikecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo. Tepatnya berada digugusan pegunungan Kendil, Pakuwaja dan Sikunir.

Desa tertinggi dipulau Jawa ini memiliki ketinggian mencapai 2.306 mdpl. Desa Wisata Sembungan sudah populer sejak tahun 1911, hal ini diketahui dari dokumen tertulis pada tahun tersebut yang tersimpan dibeberapa negara Eropa, khususnya Belanda, sebagai desa tertinggi dipulau Jawa yang menawarkan pemandangan indah dan memiliki suhu udara yang dingin seperti di Eropa.



golden sunrise Sikunir
    

Popularitas Desa sembungan semakin naik sejak di bukanya wisata baru yaitu wisata mengejar matahari terbit dari puncak Bukit Sikunir Dieng yang dikenal dengan Golden Sunrise Sikunir. Setiap weekend maupun hari-hari libur nasional, jumlah pengunjung disini bisa mencapai ribuan orang. 

Sunrise Sikunir telah menjadi tempat wajib yang harus di kunjungi jika ke Dieng karena Bukit Sikunir merupakan salah satu titik terindah untuk melihat matahari terbit. Unttuk melihat sunrise kita harus berjalan mendaki terlebih dahulu kurang lebih 30 menit saja. Waktu yang tidak terlalu lama dan bukan trek yang berat untuk hiking di pagi hari.


Desa Sembungan & Telaga Cebong
    

Tidak hanya Golden Sunrise Sikunir saja yang dapat Anda saksikan ketika mengunjungi desa tertinggi di Pulau Jawa ini. Deretan pegunungan indah serta perumahan penduduk yang ada di bawah bukit juga dapat Anda saksikan. 

Desa Sembungan juga memiliki potensi alam lainnya yakni Telaga Cebong. Disinilah Anda dapat mendirikan tenda/camping. Telaga Cebong juga sangat cantik jika di lihat dari Puncak Bukit Sikunir karena memang telaga ini terletak di kaki bukit sikunir. 

Jangan sungkan untuk berbaur dengan penduduk lokal Desa Sembungan, Mereka akan menyambut hangat kedatangan Anda dengan logat Dieng khas, satu lagi yang sayang untuk dilewatkan, yaitu mencicipi kuliner khas daerah Dieng, seperti carica atau kentang Dieng. 

So, selamat berlibur dan,salam lestari..

Comments

Popular posts from this blog

7 Tempat Wisata Gratis di Yogyakarta

Air Mancur Menari Pertama di Indonesia

HARTA KARUN DI BELUKAR SEMERU